Knowledge Center
Overview Search Downloads Up
Category: Publication
Page 23 of 23
Order by: Default | Name | Date | Hits | [Ascending]
Select all files:
Files:
KEBERSAMAAN DAN INOVASI

Iin Mayasari
Dosen Program Studi Manajemen Universitas Paramadina Jakarta
iin.mayasari@paramadina.ac.id

Inovasi merupakan suatu konsep yang menunjukkan adanya produk baru atau proses baru dari aktivitas perusahaan. Aktivitas ini dianggap sebagai penunjang keberadaan perusahaan dalam jangka panjang. Selain penunjang keberadaan perusahaan, inovasi harus diadakan secara terus-menerus karena berusaha untuk meningkatkan arus kas untuk keperluan investasi. Tuntutan konsumen yang terus menerus berubah memengaruhi perusahaan untuk selalu membuat produk baru. Selain itu, tingkat persaingan yang tinggi dalam suatu industri menuntut perusahaan harus bisa menyeimbanginya atau  bahkan bisa menunjukkan kinerja yang melampaui kompetitor. Produk inovatif merupakan suatu kebanggaan bersama yang  dirasakan oleh perusahaan. Tidak hanya pimpinan atas yang merasa bangga terhadap munculnya produk inovatif. Produk inovatif ini bisa muncul oleh sejumlah faktor yang tidak hanya disebabkan oleh  adanya dana yang besar untuk menciptakan produk. Namun, faktor yang bisa mendukung adalah faktor kebersamaan. Faktor kebersamaan ini merupakan suatu modal sosial yang ada dalam  perusahaan dan diciptakan melalui suatu sistem yang mendukung. Faktor kebersamaan ini merupakan suatu sinergi dari semua kalangan individu yang ada dalam perusahaan yang bersama-sama berusaha untuk menciptakan suatu produk. Produk ini dimunculkan dari adanya sharing ide dari semua individu dalam perusahaan. Jadi,  penciptaan produk tidak berasal dari satu individu, namun berdasarkan kebersamaan antar individu dalam organisasi.





Created
Size
Downloads
2007-07-20 19:58:04
32.65 KB
148
Saturday the 24th. Universitas Paramadina. - All rights reserved.
.